5 Tips Belajar TI secara Otodidak


Belajar TI tidak perlu guru. Asal tekun, belajar secara otodidak pun bisa.
1.Tetapkan Tujuan
     Supaya efektif, sesuaikan aktivitas belajar TI dengan keperluan Anda. Jika butuh membuat web / blog untuk usaha yang dirintis misalnya, ya pelajari saja tentang itu, tidak perlu jauh-jauh.
     Tenutkan tujuan belajar ini dalam jangka pendek, menengah, / panjang. Ingat, buat serealistis mungkin (terutama dalam jangka pendek) supaya anda bersemangat melakukannya. Setelah berhsail mempelajari 1 hal yang mudah, pasti Anda akan tergiur untuk mencoba hal yang lebih sulit. Akhirnya jadi banyak belajar dan banyak pula ilmu yang didapat.


2.Fokus pada 1 hal
     Jika anda sudah cukup menguasai 1 hal di dunia TI, inilah saat-nya Anda mendalaminya lebih jauh sesuai kebutuhan Anda. Semakin dalam Anda menguasai, akan semakin banyak hal baru yang bakal Anda temui beserta ide-ide baru yang dihasilkan.
     Bila Anda mempelajari terlalu banyak  hal di awal pembelajaran, biasanya pemahaman Anda tentang TI semakin kacau. Karena Anda belum mengenal 1 pun, pilihan yang banyak malah semakin membingungkan. Jadi pilih salah 1 saja. Cara paling mudah sih pilih saja teknologi yang sedang popular. Karena, semakin popular, biasanya semakin banyak pula rujukan yang bisa digunakan.


3.Tidak ada suatu solusi untuk semua.
     Ada beberapa salah kapra perihal Teknologi TI. Salah satunya adalah munculnya fanatisme dari sejumlah orang yang terkait hal-hal TI yang dikuasainya. Harus disadari, tidak ada yang paling hebat / paling lemah dikancah dunia TI. Mereka ibarat Pesilat dengan bobot yang bervariasi sehingga tidak bisa dipertandingkan di kelas yang sama. Harap diingat pula bahwa tidak ada 1 teknologi yang handal di semua lingkungan TI. Setiap Teknologi diciptakan unutk lingkungan dan segmen yang berbeda.
     Meski demikian, Anda juga tak boleh terlalu fanatik dengan menolak mempelajarinya / menggunakan teknologi lain jika memang apa yang Anda kuasai saat ini tidak sesuai keinginan / performanya kurang memuaskan unutk memenuhi kebutuhan Anda.


4.Berani mencoba tantangan yang baru
     Anda bisa memulainya dengan membuat proyek sendiri / mengerjakan proyek orang lain yang tingkatannya sulit dari apa yang pernah Anda bayangkan / kerjakan. Dengan demikian, diharapkan Anda akan selalu tertantang mengeksplorasi teknologi yang sedang dipelajari secara lebih mendalam.


5.Dokumentasikan hasil belajar Anda
     Penting lho mendokumentasikan apa yang pernah anda pelajari. Simpanlah hasil eksplorasi Anda kedalam sebuah Media Penyimpanan /  postingkan di Blog. Jadi apabila ada website yang dulu menjadi sumber informasi Anda ternyata sudah tidak aktif lagi, Anda punya backup-nya. Atau lebih baik lagi, tuliskan hasil pembelajaran Anda itu dan kirimkan ke media TI / Forum TI. Sudah terdokumentasi dengan baik, dapat honor pula.

Semoga Sukses

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "5 Tips Belajar TI secara Otodidak"

Posting Komentar

Ayo Komentar. Karena Komentar Anda Begitu Berharga. :)