13 Cara Membangun Personal Branding di Twitter


Terkadang, orang yang baru menggunakan Twitter kebingungan karena jumlah followers dan following mereka tidak terlalu banyak. Atau kadang ketika nge-tweet sesuatu, jarang ada orang yang nyamber --istilah yang sering digunakan oleh netizen ketika menjawab tweet seseorang secara tiba-tiba-- Jika anda adalah salah satu orang yang merasa demikian, maka berikut beberapa tips agar anda bisa lebih interaktif di Twitter dan kemungkinan besar followers anda pun akan bertambah.
1. Gunakan avatar/foto yang menunjukkan siapa anda. Jangan biarkan avatar anda kosong dan hanya berbentuk seperti telur yang tak akan pernah pecah.

2. Tulis identitas/biografi anda yang sebenarnya. Yang mencerminkan kepribadian dan minat anda. Agar orang tertarik untuk mengenal anda lebih jauh.

3.  Perhatikan bagaimana teman-teman anda memanfaatkan Twitter untuk bersosialisasi. Tidak ada salahnya memperhatikan terlebih dahulu bagaimana Twitter bisa menjadi sangat menarik bagi orang-orang terdekat anda. Setelah menyimak, mulailah tweet anda sendiri. Misalnya, anda men-tweet kemana anda pergi, apa yang anda lakukan, atau sekedar memberitahu bahwa anda berada di suatu tempat. Apapun, asalkan tweet tersebut fokus terhadap apa yang anda lakukan.

4. Follow/ikuti orang-orang yang berpengaruh dalam minat atau ketertarikan anda. Dengan ini, anda akan banyak belajar dari orang tersebut dan tentunya akan menambah wawasan anda. Jika anda ingin mengetahui suatu penyakit, sebab, serta cara penyembuhannya dari sisi medis tentunya, anda dapat ikuti akun @blogdokter.

5. Tanggapi tweet/pertanyaan teman anda di Twitter. Jika teman anda melontarkan pertanyaan melalui 140 karakter, tidak ada salahnya jika anda menjawab pertanyaan tersebut. Atau sesekali komentar terhadap suatu tweet pun sah-sah saja.

6. Retweet/bagi tweet-tweet yang bersifat penting dan informatif.

7. Twitter hanya terbatas 140 karakter. Dan inilah ciri khasnya. Jadi maksimalkan tweet anda agar tetap sedap dibaca. Twitter mengijinkan aplikasi yang bernama twitlonger, namun kebanyakan orang enggan menggunakan aplikasi ini. Karena akan membuat orang lain malas untuk mengklik link twitlonger tersebut.

8. Tidak ada salahnya sesekali terjebak didalam mention berjamaah. Positifnya, jika anda terjebak disini, kemungkinan untuk menambah teman di list following maupun followers juga besar.

9. Rekomendasikan teman-teman anda yang memang layak follow. Dan menggunakan #FollowFriday ataupun #FollowToday akan memudahkan pencarian rekomendasi anda.

10. Tidak hanya melulu tentang anda. Sebaiknya selain diisi oleh tweet-tweet pribadi, sebaiknya anda juga membagikan tweet penting/kutipan yang mungkin akan menginspirasi anda ataupun followers anda. Namun jangan lupa menyertakan pemilik kutipan yang anda masukkan kedalam ‘new tweet’ anda.

11. Sebaiknya gunakan ‘reply’ jika anda ingin membalas suatu tweet. Karena fitur retweet diperuntukkan untuk berbagi berita atau tautan penting yang mungkin akan berguna bagi followers anda. Seperti pada poin nomor 6.
12. Gunakan hashtag/tanda pagar (tagar) jika anda ingin membagikan suatu cerita yang tentunya tidak akan cukup jika hanya menggunakan 140 karakter. Tujuannya agar apa yang anda bagi gampang dicari jika memasukkan kata kunci dari tagar yang anda gunakan.

13. Sertakan akun Twitter anda pada blog pribadi, kartu nama, maupun website anda. Beberapa kegiatan di media sosial lebih memudahkan anda para netizen (pengguna internet) untuk dihubungi.

Panduan diatas adalah beberapa cara untuk membangun personal branding anda di Twitter. Dan tentu tidak ada salahnya jika anda mencoba.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "13 Cara Membangun Personal Branding di Twitter"

Posting Komentar

Ayo Komentar. Karena Komentar Anda Begitu Berharga. :)