Sejarah Spam dan Cara mengatasinya

Istilah spam mulai muncul di era komputer. Tapi, spam sudah muncul nayris satu sentengah abad yang lalu. Tahun 1864, sebuah telegram komersial menyebar. Asal muasal istilah “Spam”  itu adalah sebuah serial komedi yang disiarkan BBC pada tahun 1970. Setting komedi itu adalah sebuah kafe yang memiliki kata “spam” pada menunya. Saat pelayan mengeluarkan menu itu, sekelompok Viking bernyanyi, “spam! spam! spam! Lovely Spam! Wonderful Spam!”. Kata spam yang berulang-ulang itu mengacu pada merk daging sapi kalengan asal Argentina.

Ajang kirim spam sendiri terjadi pada zaman Star Trek pertama yang pada saat itu para penggemar Star Trek sering saling mengganggu dengan Para penggemar Star Wars, adapun cara yang dilakukan adalah melalui media Chat Room yangmana pada saat itu mereka saling mengirim gambar yang Berupa Logo yang besar, sehingga yang sedang ngobrol harus melakukan scroll terus-menerus.
Spam kemoersial pertamakali muncul pada tahun 1994, tanggal 5 maret tepatnya. pengirimnya sepasang pengacara Laurance Canter dan Martha Siegel. Mereka menggunakan Usenet untuk mengiklankan layanan hukum bagi para imigran. Insiden itu lalu terkenal dengan istilah “Green Card spam”.

TIPS BAGI PENGGUNA YAHOO MAIL (yahoo! Mail)
Sebenernya sangat mudah mencegah beberapa tamu tak di undang untuk yahoo mail, karena yahoo mail telah dibekali dengan pengusir spam, yaitu spamGuard. Dan berikut adalah cara memakainya.
1. Login ke akun yahoo! anda seperti biasa, ketika melihat email yang tidak anda inginkan klik tombol spam untuk mengaktifkan spamGuard.
2. Setelah itu secara otomatis SpamGuard akan memblokir pesan apa pun yang datang dari alamat tersebut.

TIPS BAGI PENGGUNA GMAIL
1). Pakai Filter dengan cara klik “setting> filters”, lalu pilih “Creat a Filter” berikutnya tinggal atur saja apa yang ingin anda filter atau saring.
2). Beri tanda tambah caranya tambahkan “+” di belakang nama akun Anda dan tambahkan kata-kata unik yang mengenali alamat email itu. Ini agar anda bisa membuat filter dengan mudah
3)Laporkan Sebagai Spam. suatu saat Gmail mungkin tidak mampu memblokir semua spam yang masuk ke inbox anda melalui filternya. Namun anda bisa mengajarinya untuk mengenali spam. kliklah tombol “Marks as spam” pada sebuah e-mail dari seseorang yang tidak anda sukai. Gmail akan menggunakan informasi tersebut untuk menolak kedatangan pesan serupa dimasa datang.

Sumber : (PCplus Edisi 347)

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Sejarah Spam dan Cara mengatasinya"

Posting Komentar

Ayo Komentar. Karena Komentar Anda Begitu Berharga. :)