8 Tips Mengamankan Andoird


Android sedang naik daun. Namun, seiring kepopulerannya, banyak pula ancaman yang siap menerkam. Bahkan, beberapa dilaporkan bahwa ancaman malware terhadap Android meningkat tajam di tahun 2011. Inilah 8 Tips Mengamankan Android.

1. Aktifkan Lock Screen
Sebagai benteng pertahanan pertama, kamu bisa mengaktifkan lock screen. Pastikan kamu mengunci tampilan smartphone agar orang tidak sembarangan melihat isi di dalamnya. Aktifkan pula mode “screen timeout” yang terproteksi password.
2. Update Secara Rutin
Lakukan update secara rutin pada sistem maupun aplikasi keamanan yang ada. Beberapa perbaikan patch dapat mengurangi risiko akan ancaman keamanan dan juga membuat sistem lebih optimal.
3. Jangan Simpan Data Penting
Jangan menyimpan data penting seperti informasi akun bank, password atau nomor kartu kredit. Bayangkan jika data tersebut dicuri oleh hacker saat kamu online. Jika terpaksa, pastikan data tersebut telah diproteksi dengan baik. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan aplikasi proteksi atau enkripsi data.
4. Teliti Aplikasi yang Diunduh
Jumlah apllikasi untuk Android sekarang sudah mencapai 400.000 apps dan akan bertambah seiring berjalannya waktu. Dari sekian banyaknya palikasi tersebut, ada juga aplikasi jahat. Jika tertarik mengunduh suatu aplikasi, pastikan kamu melihat review dari pengguna lain serta menyelidiki pihak pengembang yang membuatnya untuk memastikan aplikasi tersebut aman.
5. Instal Aplikasi Kemanan
Melindungi Android kamu dengan aplikasi keamanan menjadi sebuah kewajiban. Android merupakan aplikasi yang mengalami perkembangan yang cukuup pesat, begitu pula dengan ancaman yahg menyertainya. Oleh karena itu, gunakan aplikasi keamanan seperti antivirus agar sistem lebih aman dan kebal dari hal-hal yang tidak diinginkan.
6. Usahakan Tidak Melakukan Root
Meski cukup menggoda karena kamu bisa mendapatkan akses penuh setelah melakukannya, melakukan root pada Android berisiko pada masuknya aplikasi malware seperti virus atau trojan dengan lebih mudah. Meski tanpa di-root ancaman tersebut tetap ada, maka kemanan sistem kamu menjadi lebih aman akan hal-hal tersebut.
7. Gunakan Aplikasi Anti-Maling
Aplikasi semacam ini bisa menjadi solusi saat Andoird kamu hilang atau dicuri. Biasanya aplikasi ini bekerja dengan langsung mengunci sistem dari jarak jauh agar tidak bisa dugunakan. Jika beruntung, kamu bisa melacak kembali keberadaan Android yang hilang itu.atau paling tidak, data kamu yang berada di dalamnya tidak bisa dilihat atau disalahgunakan oleh orang lain.
8. Jangan Abaikan Bakcup
Meski cra-cara di atas sudah kamu lakukan, jangan abaikan untuk melakukan backup. Apalagi bila data tersebut tergolong panting dan berharga bagi kamu. Backup dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan atau kehilangan data disaat-saat yang tidak terduga. Kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa didapat melalui Android Market. Jadi ingat pepatah: “Sedia Payung Sebelum Hujan.” “Bakcup Data Sebelum Terjadi Hal-hal yang tidak diinginkan.”
Itulah 8 Tips Mengamankan Android.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "8 Tips Mengamankan Andoird"

Posting Komentar

Ayo Komentar. Karena Komentar Anda Begitu Berharga. :)