Shareaholic: Popularitas Pinterest Meningkat Tajam


Pinterest, media sosial untuk berbagi koleksi gambar atau foto, ternyata mendapat sambutan hangat di internet, khususnya para pengguna media sosial. Jejaring sosial ini baru diluncurkan pada akhir 2009 lalu, dan resmi beroperasi Agustus 2011. Menurut laporan Shareaholic, terjadi peningkatan jumlah akses (traffic) yang signifikan ke situs pemasang tombol Pinterest.

     Dalam rangkuman Shareaholic’s Referral Traffic Report yang diterbitkan akhir Januari lalu, gabungan data dari sekitar 200.000 situs yang mengintegrasikan Pinterest, mampu menjangkau lebih dari 260 juta pengunjung per bulan. Data ini menunjukkan kunjungan ke situs-situs dari Pinterest lebih besar dari data gabungan tiga jejaring sosial lain; Google+, LinkedIn dan YouTube.
     Shareaholic sendiri adalah pengembang aplikasi untuk menjembatani pengelola situs dengan para pemilik jejaring sosial, dengan membuatkan pengayaan (plugin) untuk berbagai platform situs. Plugin ini memudahkan pengunjung situs berbagi tautan ke berbagai jejaring sosial yang didukung oleh Shareaholic. Dari sini mereka lalu menghitung jumlah akses ke jejaring sosial tertentu. Berikut adalah data yang dirilis melalui blog mereka, tertanggal 31 Januari 2012 yang lalu:
Pinterest referral traffic
     Berdasarkan tabel di atas, kenaikan traffic dari situs Pinterest sejak bulan Desember 2011 hingga Januari 2012, mencapai 1,1%. Sedangkan kenaikan traffic yang ditimbulkan oleh LinkedIn hanya mencapai 0,02%, sementara Youtube hanya 0,07%. Google+ malah mengalami penurunan, dari 0,24% menjadi 0,22%. Data inilah yang diklaim Shareaholic sebagai kenaikan traffic  yang signifikan akibat peran Pinterest.
     Sejak awal, Pinterest memang mendapat tanggapan positif. Majalah Time memasukkannya dalam daftar 50 Situs Terbaik 2011 untuk kategori media sosial. Sementara Don Reisinger melalui tulisannya di cnet.com mengatakan Pinterest sebagai the next big thing in social media. Seorang blogger, Elad Gil, menempatkan Pintereset sebagai fenomena baru yang akan mengubah platform media sosial yang rumit, menjadi semakin sederhana. Hingga saat artikel ini ditulis, Anda harus meminta undangan (request an invite) untuk bergabung di jejaring Pinterest.

Sumber Berita: SalingSilang.com 6 Februari 2012
*Sumber gambar: www.digitaltrends.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Shareaholic: Popularitas Pinterest Meningkat Tajam"

  1. Great site. A lоt of helpful informatіon heгe.
    Ӏ'm sending it to several buddies ans additionally sharing in delicious. And naturally, thank you to your effort!
    Stop by my blog - buy youtube views

    BalasHapus

Ayo Komentar. Karena Komentar Anda Begitu Berharga. :)