Nao, Robot dengan Emosi



HERTFORDSHIRE - Sepertinya cerita di film I Robot bakal menjadi kenyataan. Pasalnya para ilmuwan di Eropa telah menciptakan robot pertama di dunia yang bisa mendeteksi dan mengekspresikan emosi.




Nao adalah nama mesin humanoid tersebut. Nao bisa menaikkan bahunya ketika merasa sedih dan menaikkan kedua tangannya untuk memeluk, apabila merasa bahagia. Emosi robot tersebut dirancang dengan menggunakan contoh emosi anak berusia satu tahun dan bisa untuk membangun ikatan dengan orang-orang yang memperlakukannya dengan baik.

"Selain itu, Nao juga bisa mendeteksi emosi manusia melalui 'petunjuk' non-verbal, seperti bahasa tubuh dan ekspresi wajah dengan menggunakan kamera dan sensor,"  demikian seperti yang dikutip dari Telegraph, Selasa, (10/8/2010).

Lola Canamero, ilmuwan komputer dari University of Hertfordshire berkata bahwa sistem 'otak' dari robot tersebut juga dirancang untuk mengingat interaksi dengan orang-orang yang berbeda dan mengingat wajah-wajah mereka. Aturan dasar 'baik' atau 'buruk' pun juga sudah dimasukkan ke sistem robot tersebut. Berikut juga tanda-tanda 'sedih' atau 'bahagia'.

Canamero percaya bahwa robot tersebut akan menjadi teman manusia di masa yang akan datang. "Responnya membuat perbedaan besar untuk orang-orang bisa berinteraksi secara alamiah dengan robot," ujar Canamero.

Robot Nao dikembangkan sebagai bagian dari proyek yang bernama Feelix Growing, yang dibiayai oleh komisi Eropa.

Para ilmuwan percaya kalau robot-robot tersebut bisa digunakan untuk membantu manusia di masa depan. Tapi sebagian memperingati bahwa humanoid bisa lepas kendali dan menyerang majikannya sendiri, yakni para manusia.

Referensi :




Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Nao, Robot dengan Emosi"

Ayo Komentar. Karena Komentar Anda Begitu Berharga. :)