Hal-hal yang disukai pada Sistem Operasi Windows Seven


Asslamammu’alaikum Wr. Wb. Hai teman-teman disini saya akan memberi tahukan hal-hal yang disukai pada sistem Operasi Wingdows Seven yang mungkin juga disukai oleh XP Mania. Mari kita baca artikel di bawah ini.
  1. UAC Lebih Lunak

User Account Control (UAC) pada Vista ibarat orang tua yang terlalu protektif, padahal Anda telah dewasa. Ia terus muncul memperingatkan anda akan marabahaya yang mungkin terjadi, meskipun hanya ingin melihat Device Manager atau melakukan hal yang tidak berbahaya. Ia terus membayangi dan menanyai : “Apakah Anda yakin ingin melakukan itu?” Sama seperti orang tua, UAC memang bermaksud baik, tetapi bisa membuat kita resah, terutama yang kita lakukan tidak ada hubungannya dengan sekuriti. Ah, dasar Vista buat orang resah saja kau. UAC tetap ada pada windows seven, tetapi memberi kebebasan lebih banyak ke user. Dengan mengurangi jumlah dialog UAC yang tidak perlu dan berlebihan, membuat prompt lebih informatif, dan memberikan kontrol lebih atas UAC, Windows seven tetap mempertahankan manfaat dari UAC, tanpa terlalu menggangu aktivitas komputer.
  1. VGA Card bisa berdampingan dengan baik
Pada XP, kita bisa menggunakan hampir semua VGA Card yang diinginkan, ketika ingin menggunakan beberapa monitor. Kita bisa menggunakan VGA Card nVIDIA, Ati, dan Matrox pada satu komputer. XP akan mengulur desktop ke ketiga monitor. Beberapa penelitian menugnkapkan bahwa untuk menggunakan beberapa monitor, kita harus menginstal hardware yang sama. Ini berarti kita tidak bisa menggabungkan dari beberapa vendor VGA Card yang berbeda. Kita harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli VGA Card yang sama supaya bisa menggunakan beberapa monitor. Menurut laporan, windows seven mendukung penggunaan VGA Card dari vendor yang berbeda. Ini memungkinkan kita bisa menggunakan multi-vendor dan multi-monitor lagi. Hehehehe…..
  1. Tidak Penuh Lagi
Vista mungkin adalah puncak impian Microsoft dalam memberikan produk yang terbaik bagi semua user. Selain aplikasi yang terdapat pada XP, Vista menambahkan program kontak, kalender, editing foto dan sebagainya. Meskipun beberapa user menghargai aplikasi-aplikasi gratis tersebut, dan banyak juga yang terganggu dengan tambahan yang tidak kita inginkan. Jika kita ingin menginstalasi Outlock, maka tidakmperlu ada Contacs dan Calender. Dan jika kita senang terhadap aplikasi pengolah foto seperti Adobe Photoshop, maka tidak perlu aplikasi Photoscape. Aplikasi tersebut hanya memakan ruang harddisk kita.
     Pada windows Seven, Microsoft telah menghilangkan sejumlah aplikasi-aplikasi tersebut dan sekarang menawarkan aplikasi tersebut dalam free download dari situs Windows Live. Dengan demikian, kita yang membutuhkan bisa mendapatkannya kembali dan kita yang tidak membutuhkan tidak perlu menghapusnya secara repot-repot.
  1. Boot Lbih Cepat
Keluhan vista yang lainnya adalah waktu booting-nya yang lama. Ini mungkin tidak menjadi masalah bagi user yang sering meninggalkan komputer. Tetapi jika Anda mematikan komputer setiap malam, dan menunggu lama ketika reboot lagi di pagi hari, maka ini adalah masalah besar.
     Juru bicara Microsoft mnyatakan bahwa pihaknya bertujuan membuat waktu boot 15 detik untuk Windows Seven, tetapi 75% user Vista melaporkan lebih dari 30 detik. Meskipun Windows Seven Beta belum mencapai 15 detik yang diinginkan, sebagian besar pengguna beta melaporkan Windows Seven lebih cepat dari Vista pada hardware yang sama. Dan sampai rilis finalnya sendiri, Windows Seven lebih cepat ketimbang Vista.
  1. Notifikasi Bisa Diatur
Pada XP dan Vista, kita bisa mendisable balon npotifikasi pada sistem tray. Namun, bagaimana jika Anda ingin tetap mendapatakan notifikasi dari beberapa aplikasi tertentu? Windows Seven memungkinkan kita untuk mengatur sendiri dengan mengklik panah kecil di sebelahkiri tray, dan pilih Customize. Pada kotak dialog, pilih icon yang ingin ditampilkan di tray. Kita bisa menampilkan dan menyembunyikan setiap apliksai.
  1. Pesan Sekuriti Digabungkan
Pada Vista, kita mempunyai beberapa icon yang berhubungan dengan sekuriti pada sistem tray, dan kita mungkin melihat notifikasi dari masing-masing. Untuk mengubah setting sekuriti, kita harus membuka beberapa aplikasi. Pada Windows Seven, semua pesan sekuriti digabungkan ke dalam satu icon. Ketika diklik, kita akan melihat semua pesan yang berhubungan dengan firewall, Windows Defender, Windows update, dan sebagainya. Dengan link Open Action Center pada kotak dialog, kita bisa membuat perubahan yang dianjurkan (misalnya Windows Update dalam keadaan non-aktif) atau kita bisa mematikan pesan terkait dengan aplikasi tersebut.
  1. Jendela Bisa Berdampingan Secara Otomatis
Sebagian monitor yang dijual sekarang ini dalam bentuk lyar lebar sehingga cocok untuk menonton film, tetapi juga berguna untuk menampilkan dua dokumen secara berdampingan dalam satu layar. Namun, pada Vista kita harus mengatur kedua jendela secara manual. Windows Seven memiliki fitur baru yang bisa mengatur ukuran layar secara otomatis, ketika kita menyeretnya kembali ke tengah layar, maka jendela akan kembali ke ukuran semula.
  1. Home Networking Jadi Lebih Sederhana
Bagi user rumahan yang tidak tahu banyak tentang hal teknis (maksudnya cuma sedikit), pengaturan jaringan sekarang lebih dipermudah pada Windows Seven. Dengan fitur baru bernama HomeGroup, semua komputer WindowsSeven pada jaringan bisa lebih mudah sharing file, printer, resource, dan lainnya. Dan dengan  Libraries (kumpulan jenis file seperti musik, foto, atau dokumen) Anda bisa mengakses file pada jaringan HomeGroup, seolah-olah mereka disimpan secara lokal, dan kita bisa mencarinya di seluruh HomeGroup.
     Windows Media Player pada Windows Seven bisa streaming musik dan video dari satu PC pada jaringan ke PC lain, dan bahkan memutar lagu dari libraries iTunes pada komputer lain. Koneksi ke jaringan wireless juga lebih mudah; sekarang kita tidak lagi membuat kotak dialog terpisah untuk membuat koneksi, tetapi cukup mengklik icon Wi-Fi pada system tray, dan memiliki jaringan dan daftar.
  1. Taskbar Preview Benar-Benar Berfugnsi
Ketika mengarahkan mouse ke tombol taskbar Vista, misalnya Internet Explorer, maka kita akan melihat lagi 3 instance IE. Kita bisa melihat halaman yang dibuka dalam keadaan ditumpuk, tetapi mereka begitu kecil sehingga sulit untuk mengenali setiap halaman. Pada Windows Seven, fitur preview mengalami peningkatan sehingga menjadi fungsi yang sangat berguna.
     Sekarang, ketika kita mengarahkan mouse ke icon taskbar, maka terlihat preview secara berdampingan, dan cukup besar sehingga kita bisa mengenalinya. Tidak hanya itu, jika kita memutar video pada salah satu jendela, video tersebut juga tetap diputar pada jendela preview. Dan jika kita mengklik kanan icon IE pada taskbar, kita akan melihat halaman history IE. Kita bisa mengklik halaman yang diinginkan untuk langsung membukanya.
Selamat Mencoba dan jangan lupa berkomentar ya, karena komentar Anda sangat berguna bagi perkembangan blog ini. Semoga Bermanfaat. Mohon Maaf jika ada kata-kata yang tidak sopan atau kata-kata yang salah Wabillahi taufiq wal hidayah Wassalammu’alaikum Wr. Wb.

Intisari : PCMedia 04/2010

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Hal-hal yang disukai pada Sistem Operasi Windows Seven"

Posting Komentar

Ayo Komentar. Karena Komentar Anda Begitu Berharga. :)