Tata bahasa dalam Dunia Internet, Komputer, dan Teknologi


Tata bahasa itu sangat penting, karena mencerminkan cara berkomunikasi seseorang. Jika dilihat dari tata bahasanya yang baik dan sopan, sudah pasti dia manusia yang baik dan sopan pula. Selain itu juga di dunia Komputer dan Teknologi bahasa itu sangat penting lho, terutama bahasa inggris. Karena bahasa ini dijadikan acuan dalam berkomunikasi di dunia internasional dan juga dunia internet.
     Tata bahasa yang baik, sopan, dan benar itu adalah tata bahasa yang menggunakan ejaan yang disesuaikan, tidak menggunakan kata-kata yang bersifat kasar seperti rasisme, kata-kata vulgar, dan kata-kata yang jelek lainnya dan, kata-kata yang sopan untuk diucapkan / dipostingkan.
    Selain itu juga, kita harus bisa menguasai bahasa inggris, karena kebanyakan program komputer (baik software maupun hardware), dan program internet itu menggunakan bahasa inggris. Selain itu juga bahasa inggris dijadikan bahasa tingkat internasional.
     Kenapa sih kita harus menggunakan bahasa inggris? Karena yang membuat produk komputer (baik software maupun hardware) itu diciptakan oleh orang yang menggunakan bahasa inggris (umumnya). Selain itu juga jika kita berkomunikasi di dunia internet (jaringan komputer kelas internasional) kita harus berkomunikasi menggunakan bahasa inggris. Karena di internet itu terdiri dari banyak orang yang menggunakan bahasa yang berbeda-beda.
     Maka dari itu, inti dari artikel ini tentang Tata Berbahasa yang Baik, dan Sopan, karena dengan tata bahasa yang baik dan sopan ini kita dinilai oleh orang lain sebagai orang yang baik dan sopan. Dan yang jelasnya bulan sekarang ini kita (Warga Negara Indonesia) sedang memperingati bulan bahasa, maka dari itu kita harus melestarikan bahasa kita yang kita cintai ini agar menjadi bahasa internasional layaknya bahasa Inggris dan bahasa Arab. Aku Cinta Bahasa Indonesia.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

7 Responses to "Tata bahasa dalam Dunia Internet, Komputer, dan Teknologi"

  1. sip gan.....
    di indonesia emang bahasa baku nya ga ke pake...
    hehhe

    BalasHapus
  2. Sebagai orang yang mengeposkan artikel mengenai penggunaan dan pemertahanan bahasa yang baik dan tertib dalam komunikasi di dunia maya, saya sebenarnya berharap artikel ini secara praktis dan secara langsung menjadi contoh dalam gaya tulisannya.
    Akan tetapi, rupanya ada beberapa hal yang perlu ditertibkan di dalam bahasa artikel ini. Mohon maaf, bukannya ingin sok tahu atau sok benar, mohon anggap komentar ini sebagai kritik sekaligus saran bagi Anda, Sang Pengepos artikel. Oke?
    1. bahasa inggris, seharusnya bahasa Inggris
    2. ... inggris. Karena bahasa ini ... ; ingat, kata karena tidak boleh mengawali kalimat kecuali ada induk kalimat di belakang, dalam kalimat tersebut tidak ada induk kalimat.
    3. tata bahasa yang baik, sopan, dan benar; pemerian tiga unsur harus menyertakan tanda koma sebelum kata {dan}
    4. Selain itu, ...; tanpa kata {juga}
    5. inggris karena kebanyakan ...; sebelum (karena) tidak perlu tanda baca koma
    6. miringkan kata {sih}
    7. produk, bukan prodak
    9. software dan hardware harus dimiringkan penulisannya karena bukan bahasa Indonesia tetapi bahasa asing.
    10. ... itu, inti dari artikel ini tentang Tata Berbahasa ... sebaiknya ditulis ... itu, inti artikel ini adalah ...
    11. Dan yang jelasnya ...; hati-hati, kata dan tidak boleh berdiri mengawali kalimat.
    12. Anda menyarankan agar kita mencintai bahasa Indonesia tetapi kenapa anda membuat slogan I Love Indonesian Language? Bukankah itu bahasa asing? Marilah buat slogan yang benar-benar Indonesia jika ingin membuktikan kecintaan terhadap bahasa Indonesia, apalagi jika ingin mengajak orang lain makin mencintai bahasa tersebut.

    Demikian, panjang, tetapi mudah-mudahan diterima ...

    Salam, penulis!

    BalasHapus
  3. @ Siger dan Metalingua Terima Kasih atas kritik dan sarannya. ^_^

    BalasHapus
  4. Saya sangat mendukung penggunaan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar, namun jika memang diperlukan menggunakan bahasa sehari-hari, mungkin ada baiknya diberi tanda kutip atau teks nya dimiringkan.

    BalasHapus
  5. nice post
    salam kenal

    kunjungi lapak saya yah
    http://kangrahmat.blogdetik.com/index.php/2010/11/15/sukes-berat-dengan-internet-sehat-tanpa-perlu-tirakat/

    BalasHapus
  6. nice post
    salam kenal

    kunjungi lapak saya yah
    http://kangrahmat.blogdetik.com/index.php/2010/11/15/sukes-berat-dengan-internet-sehat-tanpa-perlu-tirakat/

    BalasHapus
  7. I am hoping that you will be elabοгating
    more οn this theme. I would like a tad
    more information.
    Feel free to surf my web page : shoes lifts

    BalasHapus

Ayo Komentar. Karena Komentar Anda Begitu Berharga. :)