Teknologi Canggih Dibalik PC Tablet


Apakah anda pernah berfikir, apa yang membuat PC Tablet itu bisa seperti itu? Seberapa canggih teknologinya? Sampai dimana kemampuannya? Pada umumnya, PC Tablet zaman sekarang digunakan dengan cara layar sentuh. Baik itu layar sentuh resistif maupun kapasitif. Bedanya, kalau layarnya resistif, kita masih memberikan sedikit tekanan ke layar agar merespon input dari pengguna. Sementara kapasitif, cukup menyentuh saja maka input akan diterima.

     

Resolusi layarnya juga memainkan peran yang sangat penting. Meski umumnya pc tablet memiliki resolusi 800 x 480, tak jarang pula ditemukan tablet dengan resolusi lebih tinggi sebesar 1024 x 600. Efek resolusi ini terasa ketika kita browsing internet / membaca dokumen.
     Spesifikasi utamanya seperti juga PC / Notebook. Tablet juga memiliki spesifikasi sistem seperti processor, RAM, hingga kapasitas penyimpanan. Bedanya, pada tbalet, semua komponen utama seperti porcessor dan kontroler fungsi lain disatukan dalam satu chip yang disebut SoC (system on Chip). Jadi sebenarnya yang disebut processor pada talet itu adalah satu kesatuan dari beberapa kontroler termasuk processornya sendiri.
     Umumnya pc tablet itu menggunakan processor Qualcomm. Ya, qualcomm memang paling banyak digunakan sebagai processor pada Smartphone dan Tablet. Snapdragon juga memiliki kinerja yang bagus. Namun penantang dari vendor lain pun tyak kalah hebatnya. Sebut saja Hummingbird milik Samsung / A4 milik Apple.
     Berbeda dengan Qualcomm, Hummingbird dan A4 lebih eksklusif karena sementara hanya ditemukan di Tablet keluaran mereka sendiri. Ke depannya, sang raksasa grafis nVidiia sudah siap dengan Tegra 2 sebagai SoC yang akan menantang popularitas Qualcomm di dunia tablet. Ini terlihat dari banyaknya tablet yang akan diluncurkan tahun ini yang menggunakan Tegra 2.





Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Teknologi Canggih Dibalik PC Tablet"

  1. Hi there, just became aware of your blog through Google, and found that
    it is really informative. I am gonna watch out for brussels.

    I'll be grateful if you continue this in future. Many people will be benefited from your writing. Cheers!
    Also visit my web site - Iconia PC Tablet Dengan Windows 8

    BalasHapus

Ayo Komentar. Karena Komentar Anda Begitu Berharga. :)