Sekilas Tentang Android


Sejak pertama kali diluncurkan di tahun 2008, Android seperti menjanjikan perubahan yang signifikan. Optimisme yang menghebohkan, Android akan menjadi alternatif ponsel seperti OS iPhone, Balckberry, dan Symbian. Langkah Android yang didukung oleh Google, menyakinkan siapa saja? Maklumlah Google sang pemilik Android, merupakan kaisar di internet. Kekuatan datanya juga luar biasa. Belum lagi setelah melihat, Android bisa digunakan oleh siapapun. Gratis lho, tanpa harus membeli lisensi apapun. Platformnya open source. Mau bikin Android market juga tidak masalah.
     Operatos pun ikut-ikutan senang. Maklumlah mereka ikut-ikutan menikmati traffic dari pengguna internet karena Android yang mengharuskan penggunanya selalu terhubung dengan Google (Maklumlah punya google). Sehingga membuat jaringan internet operator ketiban durian runtuh (dapat untung). Semua mendapatkan kebaikan Google dari OS Android-nya. Namun selema 2 tahun berjalan, Android ternyata berjalan pelan tapi pasti. Android hanya tumbuh di kalangan tertentu saja. Usaha untuk mendobrak pasatr, yang dikuasai Nokia, Apple iPhone, dan Blackberry. Belum sepenuhnya berhasil. Sejumlah hal, seperti, Android tergolong smartphone, harganya yang mahal, banyak operator yang belum mendukung. Dan hasilnya Android belum menemukan momentum-nya.
     Namun jangan lupa kompetitor juga tidak tinggal diam. iPhone dan Blackberry juga terus melakukan inovasi untuk menghadang gerak-lajunya Android. Demikian pula dengan Nokia. Mereka serius menggerakkan kekuatannya, dengan Symbian dan Meego. Sejauh ini upaya mereka cukup berhasil untuk menahan gerak laju Android. Sebenarnya menarik pula untuk di cermati apa yang dilakukan oleh Nokia. Pabrikan ponsel terkemuka di dunia. Mati-matian menolak Android. Mereka memilih untuk mengembangkan OS-nya sendiri (Symbian dan Meego). Tidak mau ikut-ikutan menikmati Android. Padahal kini Nokia seperti terkepung, tidak hanya dengan Android, namun juga oleh iPhone dan Blackberry. Nah bagaimana menurut pendapat anda?

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Sekilas Tentang Android"

Posting Komentar

Ayo Komentar. Karena Komentar Anda Begitu Berharga. :)