Sisi Gelap Dibalik Kesuksesan iPad dan iPhone


iPad dan iPhone merupakan perangkat paling populer di dunia. Bahkan saking populer-nya sampai-sampai orang rela berdesak-desakkan untuk mendapatkannya. Tapi dibalik kesuksesan dari iPad dan iPhone. Ternyata iPad dan iPhone memiliki sisi gelap alias keburukan. Inilah Sisi Gelap Dibalik Kesuksesan iPad dan iPhone.

  1. Kerja Lembur Berlebihan
Aktifitas kerja lembur yang berlebihan merupakan sesuatu yang biasa terjadi di Foxconn, yaitu Pabrik yang membuat Komponen iPad, iPhone, dan iPod.bahkan dalam investigasi kasus ini ditemukan slip gaji yang mengindikasikan ada seorang karyawannya yang telah menjalankan 98 jam kerja lembur dalam sebulan. Padahal, batasan lembur yang dilegalkan Cuma sebatas 36 jam per bulan.
  1. Kerja Paksa Pada Karyawan Foxconn
Para karyawan Foxconn dipaksa kerja untuk memenuhi permintaan pasar yang besar terhadap iPad, sehingga membuat para karyawannya dipaksa bekerja di waktu liburnya yang diberi jatah cuma 1 hari.
  1. Kerja Buruk, Maka Karyawan Akan Dipermalukan
Di beberapa tempat, para pekerja yang memiliki performa kerja yang buruk kadan dipermalukan di depan rekan-rekannya.
  1. Asrama Karyawan yang Seperti Penjara
Asrama yang disediakan bagi para pekerja begitu sesak seperti penjara dan memiliki aturan yang sangat ketat seperti neraka. Ada seorang buruh yang diwawancarai investigator mengatakan, dirinya pernah dipaksa untuk menandatangani surat pengakuan setelah kedapatan menggunakan hairdrayer. Dalam surat itu tertulis: “Ini merupakan kesalahan saya. Saya tidak akan pernah mem-blow rambut saya lagi di dalam kamar. Saya telah melakukan sesuatu yang buruk dan saya tidak akan mengulanginya lagi.”
  1. Surat Perjanjian Sinting
Ketika kasus bunuh diri yang melanda Foxconn bebrapa waktu lalu, para pekerja diminta untuk menandatangani surat perjanjian untuk tidak bunuh diri dan bakal menghargai hidup mereka. Menurut saya, pada poin ini pihak Foxconn itu munafik. Bagaimana para pekerjanya mau menghormati Foxconn kalau Foxconn-nya sendiri tidak menghomarti pekerjanya!
Itulah Sisi Gelap Dibalik Kesuksesan iPad dan iPhone. Yang berhasil saya kutip dari detikINET pada tanggal 2 Mei 2011 jam 12.30 WIB

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Sisi Gelap Dibalik Kesuksesan iPad dan iPhone"

Posting Komentar

Ayo Komentar. Karena Komentar Anda Begitu Berharga. :)