Enam Tipe Perilaku Orang Berbagi di Media Sosial


The New York Times dan Latitude Research membuat penelitian bertajuk The Psychology of Sharing. Penelitian ini mencoba mengungkap mengapa orang berbagi konten di dunia online. Motivasi para pengguna dieksplorasi dalam beberapa topik, di antaranya yang menghasilkan tipikal pengguna yang berbagi di internet.  Responden mencakup 2.500 pengguna online dari New York, Chicago dan San Francisco, dan dari sinilah tipe pembagi ini dikelompokkan. Berikut adalah hasil pengelompokan tipe pengguna internet yang suka berbagi yang dikutip dari salingsilang.com 31 Agustus 2011, yaitu:

  1. Altruists — membagikan sesuatu karena ingin membantu, dan ingin dikenal sebagai sumber informasi yang kredibel. Mereka lebih suka menggunakan Facebook dan email.
  2. Careerists — mereka adalah orang-orang dengan tingkat pendidikan tinggi, dan ingin mendapatkan reputasi dengan membagian konten yang bernilai pengetahuan sangat tinggi. Mereka lebih menyukai konten 'serius' dan cenderung profesional. Biasanya mereka adalah pengguna LinkedIn and email.
  3. Hipsters — para generasi mudayang hidup di era informasi. Mereka sangat menikmati Twitter dan Facebook untuk berbagi konten yang dianggap keren dan kreatif. Mereka berbagi untuk membangun identitas mereka di ranah online.
  4. Boomerangs — Ini adalah tipe pencari umpan balik atas konten yang disebarnya di internet, bahkan meskipun konten itu bersifat negatif. Mereka suka menggunakan apa saja, Facebook, email, Twitter atau blog, selama dapat menjangkau pengguna lain.
  5. Connectors — Mereka menganggap kegiatan berbagi sebagai cara untuk tetap terhubung dengan pengguna lain dalam jaringan. Mereka menikmati kegiatan berbagi, melakukannya kapan mereka anggap itu perlu. Alat yang digunakannya biasanya Facebook atau email.
  6. Selectives — Mereka ini sangat selektif, lebih suka berpikir serius konten apa yang akan dibagikan, dan kepada siapa akan dibagikan. Mereka suka menampilkan ciri mereka dalam kemasan konten yang dibagikan, dan berharap respon dari pengguna lain. Alat yang digunakan hanya email.
Dengan memahami karakter masing-masing tipe khalayak dalam jaringan Anda, maka strategi berbagi bisa dikembangkan untuk  mencapai mereka. Jika Anda adalah pengelola akun brand, jangan hanya terpaku untuk mencapai mereka dengan pesan-pesan Anda. Membangun hubungan di antara pengguna juga penting dilakukan. Lagipula, kita sedang bicara tentang media sosial, bukan?

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Enam Tipe Perilaku Orang Berbagi di Media Sosial"

Posting Komentar

Ayo Komentar. Karena Komentar Anda Begitu Berharga. :)