Keuntungan dan Kerugian Facebook Bagi Anak Remaja


 
CALIFORNIA - Situs jejaring sosial memiliki dua sisi, yakni menguntungkan maupun merugikan bagi penggunanya yang masih berusia remaja. Seperti yang dikutip dari Okezone, Senin (8/8/2011), Facebook memiliki sisi menguntungkan maupun sisi merugikan, contohnya seperti seorang introvert yang mencoba bersosialisasi di situs jejaring sosial tersebut.

"Saat ini tidak ada yang bisa menyangkal bahwa Facebook telah mengubah cara interaksi sosial, terutama di kalangan kaum muda. Yang kami lakukan saat ini adalah melakukan penelitian atas dampak positif maupun negatif Facebook terhadap remaja," ujar Profesor Larry D Rosen dari California State University.
Rosen mengatakan beberapa efek buruk dari Facebook, termasuk narsisme yang sering menghinggapi anak muda yang memakai situs jejaring sosial tersebut, perilaku antisosial, kecenderungan berperilaku agresif dan mudah marah.
Studi yang disebutkan oleh Rosen menyatakan bahwa murid sekolah dan kuliahan yang membuka Facebook setidaknya 15 menit ketika sedang belajar, cenderung mendapatkan nilai yang rendah.
Namun Rosen juga mengatakan bahwa penelitian terbaru juga menemukan efek positif Facebook, contohnya pengguna dewasa muda yang menghabiskan waktu di Facebook lebih baik dalam menunjukkan rasa empati kepada teman-teman online mereka.
"Selain itu, situs jejaring sosial juga dapat membantu remaja introvert untuk belajar bersosialisasi, meski hanya di balik layar. Selain itu, situs jejaring sosial juga dapat membantu proses pengajaran antara guru dengan murid," ungkap Rosen.
Hasil studi yang dikemukakan oleh Rosen juga mengatakan bahwa orang tua tidak seharusnya mengawasi aktivitas online anak mereka. "Karena jika Anda menggunakan software pengawas akan buang-buang waktu saja. Anak-anak akan mencari pemecahannya hanya dalam waktu hitungan menit," ujarnya.
"Komunikasi adalah inti dalam menjadi orang tua. Anda harus berbicara atau mendengarkan mereka secara baik," pungkas Rosen.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Keuntungan dan Kerugian Facebook Bagi Anak Remaja"

Posting Komentar

Ayo Komentar. Karena Komentar Anda Begitu Berharga. :)