Kualitas dan Kreatifitas. Mana yang Lebih Penting?



Kualitas adalah penilaian seseorang terhadap kekuatan suatu barang. Kreatifitas adalah usaha dalam mengembangkan imajinasi. 2 hal ini sangat berperngaruh dalam dunia ekonomi dan bisnis, terutama bisnis digital.

            Paul Graham yang merupakan pakar startup gobal yang juga pendiri dari Y Combinator (Perusahaan investasi bagi startup) berkata, bahwa:”Secara khusus, Anda tidak membutuhkan sebuah ide brilian untuk memulai sebuah startup. Sebuah startup bisa meraup uang dengan menawarkan teknologi yang lebih baik dari yang ada saat ini. Kadang, apa yang ada saat ini begitu buruknya hingga tak butuh sebuah ide brilian untuk melakukannya lebih baik.
            Kreatifitas kadang dinilai berlebihan. Sebuah kreatifitas saja tidaklah cukup untuk menghasilkan apa-apa. Hal yang lebih penting dari kreatifitas perusahaan adalah kualitas yang baik dari merek buatan perusahaan tersebut.
            Contoh: Google. Perusahaan tersebut dimulai dari gagasan tentang mesin pencari. Sebelum Google sudah ada banyak  yang memiliki gagasan tentang mesin pencari, seperti Yahoo!, Altavista, dan lainnya.
            Namun Google hadir dan menawarkan sesuatu yang lebih baik dari layanan yang sudah ada atau yang lainnya. Ide besar Google bukanlah pencarian, tapi bagaimana melakukan pencarian yang lebih baik dan bagaimana menampilkan hasil pencarian itu agar sesuai dengan kebutuhan konsumen.
            Menurut Paul Graham, hanya ada 3 hal yang dibutuhkan untuk membuat startup agar berhasil:
  1. Mulai dengan orang yang baik;
  2. Buat sesuatu yang dibutuhkan;
  3. Habiskan sedikit uang.
Tapi jika anda ingin terjun ke dunia startup. Anda harus membaca esai yang direkomendasikan Paul Graham disini atau di(http://paulgraham.com/start.html). Dalam esai itu, Graham mengatakan, startup dan ide brilian tidak selalu berheubungan secara langsung.
Ayo para pelaku startup lokal. Buatlah layanan yang terbaik dari yang terbaik dan yang terhebat dari yang terhebat. Aku yakin kalian pasti bisa karena kalian adalah yang terbaik.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Kualitas dan Kreatifitas. Mana yang Lebih Penting?"

Posting Komentar

Ayo Komentar. Karena Komentar Anda Begitu Berharga. :)