Trash Tycoon, Game Social yang Mengajarkan Penghijauan


Mengedukasi kebiasaan untuk ramah lingkungan akan lebih menarik jika dikemas dalam sebuah permainan. Ide inilah yang diusung di game Trash Tycoon. Game Facebook yang diterbitkan Guerillapps ini mengajarkan pemain mengenai isu-isu lingkungan hidup. Permainan yang ditampilkan Trash Tycoon, menonjolkan konsep daur ulang / mengubah sampah mnejadi produk baru / penghijauan.

            Pemain akan berperan sebagai  seorang pengusaha produk daur ulang. Tugas kita dalam permainan ini adalah mengumpulkan sampah dan menemukan material baru yang bisa menggantikan barang sekali pakai seperti tas plastic. Setiaptugas selesai dikerjakan, pemain akan mendapatkan poin, uang, dan gelar sebagai “Garbage Tyccon.”
            Seperti yang saya kutip dari Mashable Senin 12 September 2011, si pembuat game ini, yang juga CEO Guerillapps Raviv Turner yakin bahwa permainan game social sangat ampuh mempengaruhi perilaku pemain di kehidupan nyata. “Hal sederhana seperti game sosial dimana pemain mendapatkan poin untuk setiaptugas mendaur ulang sampah bisa mengubah kebiasaan orang untuk lebih ramah terhadap lingkungan,” kata Raviv Truner.
Selain mengajarkan perilaku hijau, Trash Tycoon juga mendonasikan 10% dari penjualan gamenya ke CarbonFund.Org, yaitu sebuah organisasi nirlaba yang berdedikasi memperjuangkan isu lingkungan hidup dan perubahan iklam.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Trash Tycoon, Game Social yang Mengajarkan Penghijauan"

Posting Komentar

Ayo Komentar. Karena Komentar Anda Begitu Berharga. :)